Bakmie Apo, Pangsitnya Enak [Kota]

Daerah kota kayaknya bakal jadi tempat yang asik buat wisata kuliner, terutama bakmienya. Jadi gw janjian dengan teman gw, Alex untuk wisata kuliner di sana. Wisata kuliner dimulai pada pukul 17.30. Sebelumnya gw datang dulu ke rumah Alex. Kebetulan rumah dia di Petak Sembilan. Setelah parkir motor di depan rumah dia, kita pun berjalan kaki ke sekitar Glodok, nyari mangsa eh makanan...

Sebenarnya gw memang pengen ke tempat bakmie ini, tapi si Alex gak tau tempatnya. Waktu lagi jalan2 eh gak sengaja ngeliat, langsung deh gw samperin! haha... Bakmie A Po letaknya di dekat Glodok, kalau dari arah Harmoni, dia ada di sebelum jembatan (berarti sesudah Lindeteves Trade Center). Kalau dari info yang gw dapatin di blog-nya Bakmie A Po (keren juga nih warung bakmie ada blognya), dia ada di Jalan Gajah Mada no. 224, buka dari Senin-Sabtu dari jam 17.00-24.00.
Bakmie A Po bisa dibilang tempatnya sederhana, di pinggir gang, terbuka, tapi gak gerah. Kalau jalan dari jauh mungkin uda keliatan spanduk Bakmie A Po yang warnanya merah terang. Menurut pengakuan yang jual, resep Bakmie A Po ini umurnya sudah hampir 90 tahun, udah ada dari tahun 1928.

spanduk Bakmie A Po dan menunya

warung Bakmie A Po, sederhana tapi enak

pemandangan meja makan

Menunya macam-macam, ada bakmie ayam, kwetiaw, bihun, locupan, pangsit, swie kiaw, siomay, bakso babi goreng, bakso sapi. Gw sih pesan bakmie ayam pangsit sedangkan Alex pesan bakmie ayam doang. Sambil nunggu bakmie tiba, gw cobain dulu siomay babinya. Siomay babinya enak, berasa banget dagingnya dan gak lengket gitu... standar siomay babi sih. Gak lama kemudian bakmienya datang. Macam-macam isi bakmienya ternyata, ada jamur hioko, daging cincang, dan daging ayam masak putih. Tentu saja ditemani sama sayur sawi hijau. Bakmienya kenyal, jamurnya juga dimasak dengan pas sehingga rasanya empuk. Daging cincangnya mantep, lembut rasanya; tapi kalau daging ayamnya sih gw gak gitu suka. Bumbu mie-nya sebenarnya gak heboh-heboh banget, tapi kekenyalan bakmienya bikin nagih.
Setelah nyobain siomay dan bakmie, saatnya nyobain pangsitnya. JEMPOLLL!!!! Gw rasa ini pangsit paling enak yang pernah gw makan. Walaupun bentuk luarnya keliatan kayak pangsit biasa (awalnya gw kira biasa-biasa aja pangsitnya) tapi begitu masuk mulut, mak nyus!!! *Pak Bondan mode on* Kayaknya sih isinya pakai campuran udang dan babi gitu... dicincang pake daun bawang dan bengkoang kayaknya, mirip-mirip isi untuk swie kiaw atau kuo tie, tapi jempolan banget. Pangsit di sini sangat recommended! Biar makin mantep, jangan lupa taburin mie-nya dengan ampas minyak bagi goreng dan kulit pangsit goreng. Kalau kata Alex, makan mie tanpa ampas minyak babi rasanya kurang greng, hehehe...
Oh iya, salah satu yang gak boleh dilupakan adalah sambel. Ada 4 macam sambel di sini. Sambel giling buatan sendiri, sambel botolan, dan sambel manis (kayaknya untuk siomay dan bakso goreng), plus irisan cabe rawit yang direndam cuka. Sambel gilingnya sih gak ada rasa, hanya beraroma cabai, cocok bagi yang pengen nyobain Bakmie A Po tanpa ada gangguan rasa dari sambel. Sambel botolannya agak terlalu asin, tapi wangi, boleh juga dicampur kalau pengen 'ngeracik-racik' bumbu mie-nya lagi.
Harganya ternyata gak mahal, gw dan Alex cuma habisin sekitar 34rb. Dengan rincian:

Bakmie ayam @12rb
Pangsit @2rb
Siomay @4rb
Teh tawar gratis

Hal yang gw suka dari tempat ini, yang jual keliatan doang agak jutek tapi pas uda selesai makan mereka ramah. Pas gw bayar, 'kasir'nya ucapin terima kasih sambil senyum, pas gw jalan juga salah satu pengelola Bakmie A Po ucapin terima kasih sambil senyum.
Secara keseluruhan, tempat ini enak buat makan. Pangsitnya wajib dicoba. Harga bakmie dan pangsitnya sih tergolong murah, tapi siomaynya kemahalan menurut gw. Kapan2 lagi mau datang makan pangsitnya ah....

sambil nunggu bakmie datang, makan siomay dulu 

Bakmienya... agak blur nih fotonya


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar